fisioterapi pasca stroke

Fisioterapi Untuk Pemulihan Stroke

Tujuan fisioterapi untuk mengembalikan fungsi tubuh setelah terkena penyakit atau cidera. Jika tubuh menderita penyakit atau cidera, maka fisioterapi dapat membantu untuk memulihkannya, termasuk pada penyakit pasca stroke.

Fisioterapi Neurologis untuk Stroke
Fisioterapi neurologis dilakukan untuk orang yang menderita gangguan neurologis atau saraf. Seperti penyakit alzheimer, parkinson, cedera tulang belakang, dan juga stroke. Penyakit yang sering menggunakan terapi ini ialah stroke.

Terapi stroke dilakukan setelah serangan stroke terjadi. Biasanya, stroke menyebabkan kerusakan otak. Akibatnya, Anda akan mengalami kelemahan atau kelumpuhan di salah satu sisi tubuh dan kesulitan menggerakkan tubuh sehingga menghambat aktivitas harian.

Fisioterapi stroke dapat mengembalikan kekuatan dan kemampuan untuk menggerakkan tubuh. Neurofisioterapi adalah spesialisasi fisioterapi yang disebabkan oleh kerusakan pada otak dan sistem saraf seperti pada stroke. Fisioterapis akan membantu membuatkan program terapi yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Umumnya fisioterapi stroke dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan pasca terjadinya stroke dan menghindari komplikasi yang bisa memperlambat proses pemulihan. Dalam program fisioterapi stroke, terapis juga akan memberi tahu Anda bagaimana posisi yang tepat untuk berbaring dan juga cara duduk yang aman. Selain itu, terapis akan membantu memotivasi Anda untuk terlibat aktif dan mempelajari gerakan-gerakan normal tubuh dalam setiap sesi fisioterapi stroke.

Biasanya, terapis juga akan menentukan alat fisioterapi apa saja yang sekiranya diperlukan. Umumnya, untuk fisioterapi stroke, terapis membutuhkan alat fisioterapi seperti kursi roda, alat bantu jalan seperti walker dan juga tongkat.

Fisioterapi stroke bisa dimulai 24 jam setelah serangan. Di waktu tersebut, Anda akan didorong dan dimotivasi untuk dapat bangun dan bergerak semampunya. Untuk kasus stroke yang ringan, fisioterapi stroke biasanya fokus pada pencegahan komplikasi dan kemampuan Anda untuk bergerak dan aktif kembali.

Namun, seiring berjalannya waktu, fisioterapi stroke akan membantu Anda menjadi lebih mandiri dan melakukan berbagai hal lainnya lebih dari sekadar menggerakkan anggota tubuh.

Manfaat Fisioterapi untuk Penyakit Stroke
Berikut manfaat jika menjalani fisioterapi pasca stroke, yaitu :

Mengatasi kekakuan otot (spastisitas)
Spastisitas adalah jenis kekakuan otot yang terjadi pasca stroke. Beberapa penelitian telah mengevaluasi manfaat fisioterapi untuk pengobatan spastisitas pasca stroke. Dibandingkan pengobatan lainnya, fisioterapi secara signifikan dapat menurunkan spastisitas pasca stroke, terutama di pergelangan tangan, lutut dan siku.

Mengurangi rasa sakit
Fisioterapi bisa menghilangkan sakit dan memulihkan otot dan sendi. Teknik saat Anda menjalani fisioterapi yaitu dengan melalui ultrasound, stimulasi listrik, terapi panas, dan lain-lain.

Meningkatkan kemampuan bergerak
Para terapis bisa membantu Anda yang mengalami gangguan dalam berdiri, berjalan, dan bergerak pasca stroke. Ahli fisioterapi akan menyesuaikan teknik fisioterapi sesuai dengan kebutuhan pasiennya.

Jika Anda membutuhkan alat fisioterapi untuk pemulihan pasca operasi, segera konsultasikan perawatan kesehatan melalui 0811 88 32 36 atau kunjungi website kmdindonesia.com.

Tags: No tags